Belajar Dari Kecil

Tentang Belajar, Tentang Apa Saja, Dari Apa dan Siapa Saja serta Untuk Siapa Saja

Burhan, Sebuah Ketegasan Masa Depan adalah Hari Ini

Di bilangan Margonda (Depok) antara Halte Gunadarma dan Gang Damai, terdapat banyak warung rokok. Salah satu diantara warung rokok tersebut,milik Burhan, dari Indramayu. …

Suatu ketika, saya mampir ke warung Burhan…sambil menunggu waktu janjian dengan calon klien… Burhan mengajak saya bercerita…Berhubung saya bukan pendongeng, malah Burhan yang jadi saya minta bercerita…tentang dirinya

Ia adalah lulusan SMA thok…ketrampilan yang ia miliki sebatas di pertukangan, furniture… sempat kerja dan berjalan (untuk kerja) hingga ke Bali. Ia menegaskan, bahwa keberadaan dirinya, yang penuh keterbatasan, terutama secara pendidikan, menuntut dirinya untuk berbuat hal yang tidak biasa. Burhan memiliki tiga orang anak….yang paling besar kelas empat SD, yang paling kecil batita.

Untuk anak-anak, Burhan ternyata telah mempersiapkan asuransi bagi masing-masing..perbulan ia mensisihkan sekitar 300 ratus ribu untuk anak pertama dan kedua, serta 450 ribu untuk anak ketiga…Hitungannya, tiap anak akan mendapatkan minimal 200 juta pada saat asuransi plus investasi itu jatuh tempo.

Tertegun, saya bertanya, bagaimana cara dia hidup…berikut penjelasannya

Saya hanya dua hari tidak puasa dalam satu minggu. Setiap hari lahir dari anggota keluarga saya; saya “puasanin”…. Jumat salah satu hari saya tidak puasa…

….Selain jualan, saya juga sering jadi juru parkir di sekitar warung, untuk tambahan…

….Jam dua pagi saya tutup warung, jam 4 saya bangun Subuh, kemudian tidur lagi, bangun shalat dhuha…dan seterusnya saya menjaga warung, dan hanya istirahat pada saat shalat…

…sambil menjaga, selain koran, saya baca ini (ia menunjukkan al-qur’an), hanya ini yang bisa saya lakukan…

…shalat, puasa, baca al-qur’an…hanya itu yang bisa saya lakukan di sini…

Saya tertegun, menyadari betapa bodohnya saya, yang sering menghamburkan uang untuk hal yang tidak jelas…tapi hal itu belum seberapa…yang parah lagi, shalat saya sering bolong-bolong, dan puasa…hiks, cuma ramadhan…

entah…padahal saya sering mengharapkan surga (masa depan) konyolnya…saya lebih sering melupakan hari ini (melaksanakan kewajiban-kewajiban saya)…ma

Untuk Burhan…semoga saya dapat meniru Anda…amien

4 Komentar»

  jual atap pvc rumah wrote @

Yap saya setuju, dengan mempercayakan hari ini dan berbuat sesuatu yang lebih pada hari ini akan membuat masa depan menjadi lebih nyata dan terwujud. Saya punya cita-cita untuk memiliki atap rumah dengan beratapkan PVC yang terbuat dari emas.

  www.getmentalflex.com wrote @

Cheers! A good amount of knowledge!

  Addonis wrote @

Great post. I was checking constantly this weblog and I’m impressed!
Extremely helpful information particularly the last section 🙂 I
take care of such information a lot. I used to be seeking this particular
information for a very long time. Thanks and best of luck.

  roll up banner template free wrote @

I was suggested this blog by means of my cousin. I’m no longer certain whether
this publish is written via him as nobody else know such
certain approximately my problem. You are incredible!
Thanks!


Tinggalkan Balasan

