Belajar Dari Kecil

Tentang Belajar, Tentang Apa Saja, Dari Apa dan Siapa Saja serta Untuk Siapa Saja

…sebuah motif..dari catatan sahabat….

disclaimer

Tulisan ini diambil dari catatan seorang temans..tidak semuanya melainkan bagian yang menurut saya penting tuk ditampilkan…terima kasih…semoga bermanfaat….

Tuilisan ini tidak untuk mempengaruhi penyidikan yang dilakukan aparat, tulisan ini sekadar mengungkapkan pengamatan individual saya selaku penulis…apabila ada kesamaan asumsi, seyogyanya dianggap sebagai suatu berkah..bahwa Pengetahuan adalah MILIK mereka yang mencari, bukan mereka yang merasa berilmu…

Tetap, penyelidikan dan penyidikan adalah wilayah kepolisian, dan saya yakin dengan kemampuan menyelediki /menyidik dari teman-teman di Kepolisian..

Salam hormat dan duka saya untuk para korban, keluarga korban dan kita semua, warga dunia yang terusik oleh aksi kekerasan…

Berdasarkan pengamatan atas kejadian di hotel JW Marriot dan Ritz Carlton, terutama atas JW Marriott, saya menduga bahwa motif kejadian tersebut, murni kriminal biasa,yang berlatar belakang bisnis…berikut apa yang dapat saya amati… :

a. pengakuan salah seorang korban yang menanyakan ke terduga pembawa bom…tentang apa yang ia bawa..dan jawaban (sang terduga) ingin membawa barang/titipan untuk boss saya….

pada tahapan ini …hemat saya :

a. i. Pembawa bom telah menghubungi seseorang yang ia anggap boss…Pada tataran ini, boleh jadi, proses yang akan diserahkan kepada si boss adalah ledakan atau maut…dan ini adalah hal yang biasa dalam proses pembunuhan, apabila yang menjadi target, adalah orang yang sulit untuk ditembus (mungkin karena sistem pengamanannya, atau karena target terlalu tertutup)..Oleh karena itu, salah satu sarana tuk mengetahui adanya keterkaitan target dengan pembawa bom, dapat dilacak melalui traffic cell phone or internet activiities, beberapa korban tewas denganpihak yang dapat dianggap mewakili para eksekutor…

a.ii. Apabila terduga “merefer” boss itu ke TUHAN YME (Apabila tindakan ini terorisme murni berbasiskan agama) , maka si terduga harus telah menjalani proses pengalaman agama yang sophisticated, dan ini harus dibuktikan dengan penelusuran atas memori/kenangan orang-orang yg pernah dekat dan mengenal terduga…Tanpa bermaksud melebih-lebihkan, saya lebih mengacu pada butir a.ii daripada butir a.ii

B. Gambar Timothy Mackay (Direktur HOLCIM) yang tertangkap di kamera CCTV…
pengamatan sederhana saya..sebagai seorang Top Eksekutif, ia adalah orang yang tangguh dalam mengambil keputusan..dan cepat..tapi pada tampilan CCTV, terlihat beberapa hal

b. i..Ia tampak seperti tidak terlalu yakin,apakah ia akan masuk ke Syailendra atau malah memang menunggu seseorang.
– bagian ini dapat merujuk bahwa ia memang sedang menunggu seseorang,atau ia memang memiliki feeling aneh…(insting/intuisi)..nah baik bagian 1 dan 2, selayaknya dikaji oleh para pakar perilaku, sutradara atau aktor

b.ii. Jeda waktu yang tidak lama, antara Timothy dengan terduga..saat terduga sudah masuk ke Resto, dan Timothy berada (pengamatan saya) tepat di pintu masuk resto…
– jeda ini bisa bersifat koinsidensial, tapi boleh jadi juga sudah terencanakan dengan rapi
-apabila koinsidensial, maka proses shilly-shally Timothy tuk masuk ke resto, menunjukkan ketajaman intuisi almarhum
-apabila well planned, maka masuknya Timothy, memang sudah menjadi bagian dari proses itu sendiri..


Pertanyaan mengemuka, bagaiamana dengan bom yang lain…berikut pengamatan saya

a. bom di Ritz Carlton , bersifat tuk memanipulir prosesi penyelesaian target yang berada di JW Marriott (dan atau dapat berlaku kebalikannya)
b. Apabila bom bunuh diri, pemilihan waktu, serta target korban yang sedikit, dalam hemat saya, bukanlah prioritas di bom bunuh diri…satu nyawa diganti 10 nyawa, bukan hal yang masuk akal saya tuk mengatakan kegiatan ini adalah bom bunuh diri….
c. Selain itu, Apabila JW Marriott dan Ritz Carlton dianggap sebagai bukti kemakmuran Amerika, saya kok melihat…para teroris sudah well educated (mungkin ini pada tataran otak) dan mereka tahu kok, bahwa Amerika sudah kejeblos di krisis finansial yang amat parah sejak tahun lalu (atau malah dua tahun lalu)

Lain – lain

saya sempat mendapatkan info, bahwa pada bom JW Marriott pertama, Om Timothy, juga sedang berada di sekitar (atau akan menuju) JW Marriott…

Penutup

Semoga pihak kepolisian, benar-benar dapat menyelesaikan penyidikan dan penyelidikan kasus Bom JW Marriott dan Ritz Carlton secara independen…Amin




8 Comments»

  international hot news wrote @

Amin…

  international hot news wrote @

Mas tukeram link dunk…
link nya Mas sudah saya add, silahkan di check…
Thx B4

tq …Om…dah mampir, dan berkenan tukaran link…link Om sudah kami tambahkan di blogroll…have a bright Blogging!

  accan wrote @

turut berduka…. 😦

  BaNi MusTajaB wrote @

Adalah hal wajar jika terdapat asumsi tersebut. Segalanya memang samar. Bahkan meski kini yang diduga pelaku atau terkait dengan ledakan, ada yang telah tertangkap dan terbunuh. Dalam blog saya, saya meringkasnya dengn istilah paradigma (baru) bom JW.Marriott.
Memang ada banyak kemungkinan terkait ledakan itu.

tentu banyak motif…boleh jadi bahkan tafsir bebas….terima kasih telah mampir di blog saya….tq…

  alfalink wrote @

Indonesia memang sedang dirundung duka, masalah datang bertubi-tubi, semoga rakyat nya bisa tetap tegar.

(8dk) Amin Om

  soulharmony wrote @

salam kenal dari kalsel

salam kenal juga om. terima kasih dah mampir…saya dah tambahkan link Om Soul Harmony di blogroll, mudah-mudahan Om gak keberatan melakukan hal yang sama…tq..tq..

  accan wrote @

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430
Minal Aidin Wal Faizin.
Mohon maaf lahir n Bathin.
Maavin semua kesalahan Accan iah.. 😉

sama-sama accan…saling memaafkan ya…tq..tq…maaf juga baru bs bales..hiks

  eL wrote @

berbagai aksi yang dilakukan yang merugikan masyarakat dan bangsa jelas itu teror apapun motifnya..
satu demi satu kini teror mulai terungkap..
mudah-mudahan ada pencerahan terhadap negeri ini..


Leave a Reply

