Belajar Dari Kecil

Tentang Belajar, Tentang Apa Saja, Dari Apa dan Siapa Saja serta Untuk Siapa Saja

Archive for Humor

Ceracau Son2loyo 2 : Tentang “TANGAN KANAN” (1)

alKISah…paK iluR sedang mendapatkan kunjungaN darI seoRanG ManTAn MahASIswa angkatan Reformasi…

Si mahasiswa adalah aktifis masjId di KampUSnya Dahulu (mohon jangan dibaca sebagai Marbot…please…) Mereka berdua sering terlibat Percakapan SeriUS…apalAGi saat Ini si MantAn mAhaSIswa…akan menJadi Mantan Pejabat…tentu ia  (manTan Mahasiswa) berpikir perlu untUK kemBAli Ke Habitat lama…Berikut salAh satu peRCAkapAn menArik…

Mahasiswa : Pak Ilur…masih iNgat Dengan Si R Pratma Kan?

Pak Ilur : Masih …tenTU lah inGat..aKTivis…

Mahasiswa : Nah…dia Tuh SekaRang sudah Jadi Tangan Kanannya…Jendral ….(maaf nama Jendral nya tidak bisa saya sebutkan …ciri-cirinya…ganteng…)…

Pak Ilur…: (dengan Kaget; 3/4 wajah Tidak percaya…) Ah…Gila Kamu…mana MungkIN…jadi TanganKanan-nya Si Jendral itu…ah gak muNGkin …menGhina teman Kamu…

Mahasiswa : Lho…itu bukannya prestasi (Si Mahasiswa menatap dengan wajah PenuH KEheraman) gimana MakSud Pak Ilur…

Pak Ilur…: duh R PRatMa…R PratMa…capek-capek kuliah dan jaDi aktivis kok cuma malah Jadi Tangan Kanannya Jendral itu…apa gak ada pilihan lain…..aah…(mengeluh)..

Mahasiswa…: Pak Ilur…Pak Ilur itu GILA!!!..gimana Sih…itu Prestasi …gak sEmua Aktivis bisa..??? (si Mahasiswa mulai naik pitam)

Pak Ilur… Kamu yang GILA…teman KAmu Juga…Masak Sih Kamu Gak Tahu….Kalau Si Jendral itu (maaf…yang ini dari saya)  Ceboknya Pake Tangan Kanan…Hah….(Menghardik..dan Membentak)

Mahasiswa…PingSAn…(hiks)

Advertisements

Ceracau Son2loyo 1 : Dari Perbendaharaan Lama…Free Hermeneutical Expression

Pa’ Ilur dan Miss Stek adalah sepasang suami istri yang gemar belajar…Mereka tidak hanya  belajar agama…melainkan juga belajar ilmu sosial kemasyarakatan,ilmu kebijaksanaan masyarakat lama, dll…. Selain itu mereka adalah individu yang gemar membagikan ilmu mereka kepada masyarakat luas

Pada kesempatan kali ini…mereka ingin membagi pengetahuan seputar petatah-petitih  Melayu lama dengan para pendatang…Mereka menegaskan bahwa kata bijak pada zaman dahulu, ada beberapa yang harus diperbaharui…hingga sesuai dengan kemajuan zaman…Berikut  tulisan Pa’Ilur dan Miss Stek…

Pepatah Lama…

Takkan Lari Gunung Dikejar…

Penyempurnaan

Takkan Lari Gunung Dikejar…Gunung Lari…Ya Kurang Ajar…

Pepatah Lama

Orang Sabar Disayang Tuhan

Penyempurnaan

Orang Sabar Disayang Tuhan…Orang Sabar Diinjak-injak Orang

Pepatah Lama

Berakit-rakit ke Hulu, Berenang-renang ke Tepian, Bersakit-sakit kita dahulu, Bersenang-senang kemudian

Penyempurnaan

Berakit-rakit ke Hulu, Berenang-renang kemudian, Bersakit-sakit kita dahulu, Lalu mati kemudian…

Karena kebersahajaan Pa’ilur dan Miss Stek, mereka berdua menyerahkan arti dan tafsir dari pepatah2 tersebut kepada para pembaca…terima kasih…

Memperkenalkan…Keluarga Son2loyo

Dear all…guna mendekatkan diri para penulis di 8dk dan pembaca sekalian…izinkan kami memperkenalkan satu keluarga yang sengaja kami angkat, dan kami baktikan pengangkatan mereka…untuk kemajuan negeri…

Keluarga Son2loyo adalah keluarga kecil…yang cukup berbahagia…mereka hiduP di negeri yangKonyol…(mohon tidak mengubah huruf “y” dengan huruf “t” atau angka “7”…terima kasih)  Kepala keluarga adalah Pa’Ilur…ia adalah generasi pertama dari Son2loyo…Pabila kita tanya…berapa usia-nya…Ia cuma bisa menjelaskan bahwa ia lahir pada saat SBY lahir, tepat baik tanggal, bulan, tahun;yang membedakan…SBY lahir di Pacitan…ia lahir dari rumah pesakitan……

Tapi…pengetahuan itu,hanya ia katakan lamat-lamat pabila kita bertanya kepada Pa’ilur.. ia ngeri apabila disamakan dengan SBY…alasannya sederhana…Ia tidak memiliki akta kelahiran…selain itu…ia juga berani mengatakan bahwa karena ia petani biasa…ia hampir tidak pernah berbohong…berbeda dengan saudara setanggal kelahirannya…

Ia lahir sebatang kara…ia hanya tahu ibunya…bernama Ibu pertiwi…sang ayah kabarnya lenyap ditelan kerja paksa Anyer – Panarukan. Menurut cerita…pada saat ia lahir…. ia sempat mendengar Ibu Pertiwi mengatakan…kelahirannya adalah satu kesalahan…maka ia dinamakan Pa’ilur..sebagai peng-INdonesia-an dari “Failure”

Istri Pa’ilur tidak kalah unik..namanya Miss Stek…usianya sama tuanya dengan istri SBY…yang membedakan hanyalah NASIB SURATAN  TANGAN…Miss Stek tidak pernah mengetahui siapa ibunya…Ia lahir dari kecil, sendiri dan dipelihara oleh sang ayah yang bernama BUMI PUTERA…Adapun arti asli dan penyebutan nama dirinya adalah “mistake”…Kabarnya ia juga lahir dari suatu kesalahan yang lain..

Keluarga kecil ini tidak memiliki anak…Mereka hidup berdua…ditemani dengan keluarga sapi ajaib,yang telah mereka pelihara dari kecil, dan telah mereka anggap keluarga sendiri…Sapi  Jantan bernama Eman si Sapi dan si Betina adalah Parti si Sapi…Karena ketidakmampuan kedua binatang bersaudara ini dalam mengekang syahwat, mereka melakukan incest…dan melahirkan Telor Asin…telor asin adalah sapi kate…bulat…tidak lucu apalagi menyenangkan…Salah satu alat Telor Asin dikenal oleh masyarakat luas adalah ketololannya…hanya itu..

Keluarga Son2loyo adalah keluarga yang melek hukum dan politik…mereka sering membicarakan tentang negara yang mereka diami…Mereka juga sempat berpendapat…seandainya kita gak dijajahBelanda…jangan-jangan kitasudah makmur…(salahsatu tandanya adalah keberadaan PO Bis Makmur…yang melayani lintas Sumatera -Bali…)

Son2loyo selalu tersenyum melihat keterbatasan-keterbatasan yang mereka miliki…mereka sepakat…bahwa apa pun yang diberikan kepada mereka…bukti perwujudan kasihsayang TUHAN…Maka bagi Son2loyo and Family…Seeing God is a beautiful experience…

Nah…untuk beberapa topik…saya mencoba untuk meminta Son2loyo mengedit…menengahi…atau memberikan wejangan bagi kita semua…idenya sederhana..sepertinya tidak ada seorang pun dari makhluk TUHAN….yang luput dari kesalahan…maka belajar dari KESALAHAN…(Pak Ilur dan Miss Stek.)mudah-mudahan dapat menambah rasasyukur kita atas anugrah yang telah diberikan oleh TUHAN YME…dengan NAMA APA PUN IA kita sebut….Semoga…

Guyon JIL 6 : Keyakinan Atas TUHAN. Barat Vs Indonesia ..Skor 0 – 1 untuk Indonesia

Ada komentar masuk…tentang DOG  = GOD…dan HANTU = TUHAN…komentar itu mengatakan bahwa orang Indonesia…asyik-asyik aja…walaupun mereka menyadari bahwa TUHAN apabila dibalik suku katanya menjadi HANTU…

Mari kita coba cermati letak perbedaan antara dua keyakinan (?) tersebut… GOD  = DOG, pada tataran ini, TUHAN, sesuatu yang tidak terlihat secara kasat mata…dibandingkan dengan ANJING…yang dapat terlihat secara kasat mata…Maka…wajar apabila orang Barat merasa terganggu…Masa sih mereka kembali ke paganisme…(ha..ha..ha..ha..)

Nah…sekarang mari kita cermati antara TUHAN dengan HANTU…TUHAN di Indonesia, dicermati, dipahami dan diyakini sebagai SESUATU yang  tidak KASAT MATA….pada bagian lain HANTU juga diyakini oleh sebagian besar masyarakat INdonesia sebagai sesuatu yang ghaib…Jadi jelas…betapa bagi orang INdonesia…meyakini TUHAN itu sama dan SEBangun dengan MEyakini Hantu…ketika keberadaan Hantu dipertentangkan dengan TUHAN…mereka dapat menemukan ciri-ciri kesamaan…yaitu sama-sama tidak dapat dilihat secara kasat mata…

Maka…terlihat secara nyata..bahwa dalam hal keyakinan terhadap TUHAN…orang INdonesia…lebih yakin dan stabil dibandingkan dengan orang Barat…Jangan-jangan…hal ini yang menyebabkan terorisme hidup dan berkembang di Indonesia….(amit….amit….)…

Pada titik lain…karena TUHAN dan HANTU ghaib…menjual NAMA TUHAN dan NAMA HANTU di INDONESIa..kedua-keduanya sama-sama memiliki nilai jual dan ekonomis tinggi…Gak perlu dijelaskan kan???? (Kalau masih bingung silakan tanya ke A.A Gym…Yusuf Mansyur atau Arifin Ilham, sebagai pembanding mungkin Ki Gendeng Pamungkas dan Mama Laurens…hiks)

Guyon ala JIL 4 : Hanya Orang Indonesia Yang Gila…Yang Masuk Surga

Alkisah…dalam rangka memenuhi salah satu janjinya…membangun Surga…Tuhan menugaskan para malaikat untuk mencacah jumlah arwah manusia,yang berada di tempat penantian (alam kubur)…Tempat penantian ini terdiri dari dua bagian besar…alam penuh cahaya, yaitu bagi mereka yang pada hari akhirnya akan ditetapkan sebagai penghuni surga, dan alam kegelapan,yaitu bagi mereka yang pada awalnya akan mencicipi neraka… Tuhan mengatakan bahwa hasil cacah yang sempurna, akan memberikan pengetahuan bagi diri-NYA, seberapa luas ia harus membangun surga dan neraka…

Singkat cerita…para malaikat telah menyelesaikan pencacahan di alam kegelapan, dan kini menuju alam penuh cahaya…Pada saat mencacah, malaikat menemukan bahwa tempat tinggal arwah ini berkelompok, ada kelompok Afghanistan, kelompok Yahudi, kelompok Yunani, dll… Di tiap kelompok arwah yang mereka temukan, para malaikat tidak hanya bertanya tentang jumlah, melainkan juga asal dan perilaku yang dilakukan para arwah ketika masih hidup di dunia….

Dari hasil cacah jiwa tersebut, para malaikat  menemukan pola, bahwa mereka yang hidup di dunia penuh cahaya, adalah kumpulan individu yang shaleh, teratur, rapi, pelaku kebaikan dan taat beribadah…

Pengetahuan ini mereka laporkan kepada TUHAN…dan mengatakan bahwa penciptaan Surga sudah amat mudah…karena calon penghuni surga, telah dapat diidentifikasi oleh mereka….

TUHAN kaget mendengar laporan mereka…IA berkata…

“Apakah Anda sekalian telah menemukan kelompok arwah dari Asia”…

Jawab para malaikat :

“Ya…sudah…sudah lengkap TUHAN….

TUHAN bertanya lagi….

Anda sekalian telah menemukan seluruh arwah dari seluruh Asia???” 

Para Malaikat :

“Sepertinya begitu…dari Nepal hingga Malaysia, semua kelompok telah kami temui, bahkan negara kecil seperti Brunai dan Timor – Timur pun laporannya telah lengkap”…

TUHAN tampak kurang puas…IA kembali bertanya...

“Anda telah menemukan juga orang-orang INDONESIA????….

Para malaikat tersentak…ada yang hampir luput dalam laporan mereka kepada TUHAN….

Astaghfirullah…TUHAN…Anda benar…kami telah MENEMUKAN SEMUA, tapi kami hampir melupakan laporan yang satu ini….

(para malaikat kembali melanjutkan laporan)

“Kami telah menemukan arwah-arwah orang Indonesia ini sangat aneh TUHAN (laporan para malaikat terpotong)…

TUHAN menukas….

Apa yang kalian maksud dengan aneh!!!??? 

Para malaikat yang hadir menjawab serentak…

Di bagian mana pun di alam penuh cahaya, mereka yang hadir adalah para arwah yang shaleh….tapi di Indonesia berbeda TUHAN”, hanya diisi oleh orang-orang GILA…sesuatu yang membuat kami tidak hanya terkejut, melainkan hampir terpingsan-pingsan…kalau tidak bisa terpingkal-pingkal…

“Maksud kalian!!!???, hardik TUHAN dengan nada sedikit emosi

Para Malaikat :

“Begini TUHANKU…ketika kami mampir ke lokasi tempat berkumpulnya para arwah orang Indonesia, kami bertanya…”Bagaimana Anda sekalian bisa berada di sini?” Lalu beberapa arwah tersebut menjawab …Kami bersyukur…kami bersyukur…kami dapat menemukan dan hidup di alam penuh cahaya ini, karena kami GILA pada masa hidup di dunia…

Kemudian kami (para malaikat) bertanya lagi

“Apa yang Anda sekalian maksud dengan GILA…seingat kami..SORGA diperuntukkan hanya untuk orang-orang yang shaleh…bukan orang-orang GILA…dan kami YAQIN..TUHAN kami MAHA MENEPATI JANJI“Tiba-tiba, sebelum selesai  pertanyaan kami ajukan…Seorang arwah perempuan cantik…menjawab dengan penuh semangat…”Bagaimana tidak, kami adalah sekumpulan orang-orang Gila di Indonesia…..(ia berhenti untuk menghela nafas) …” Anda  bisa bayangkan betapa gilanya kami semua…di saat para pejabat seperti kami korupsi dengan nyaman, mulai dari Presiden, Istri Presiden hingga Pak RT di Indonesia…kami sama sekali tidak melakukan tindak pidana korupsi….itu masih belum apa-apa…saat para pejabat INdonesia melakukan tukar suami – tukar istri di antara mereka…kami hanya menikmati istri dan suami yang sah untuk kami….dan yang lebih parah lagi….Saat PResidEN kami membebaskan perilaku korupsi, pungli, karena ia JUga mencontohkan…kami yang berada di sini sekarang…benar-benar menjaga diri kami untuk tidak melakukan korupsi…padahal kami dicap sinting oleh orang-orang, para pejabat, masyarakat di lingkungan kami selama hidup…Tapi yang PALING HEBAT adalah…di saat kebanyakan MASYARAKAT INDONESIA yang mengaku dirinya DEKAT kepada TUHAN  kemudian menjual Ayat-Ayat TUHAN dengan Mobil, Perjalanan Haji, Istri Ke sekian yang cantik-cantik, serta GEdung BEserta RUmah dengan Harta berlIMPah…kami lebih memilih…mengamalkan ayat-ayat KITAB suci kami…untuk keseharian…termasuk menitikkan air mata kami, atas perilaku keseharian kami…yang seringkali jauh dari ajaran TUHAN….(sang arwah mulai terbata-bata…terisak…)

Para Malaikat Tertegun…Akhirnya…mereka melaporkan bahwa selain SURGA…perlu dibangun rumah sakit JIWA yang penuh dengan kebahagiaan…dan diperuntukkan khusus…BAGI ORANG-oRANg Indonesia…

TUHAN yang mendengar laporan para malaikat tersebut…terharu…akhirnya meluluskan permintaan para malaikat…dan mengamini…bahwa hanya ORANG-oRANg Indonesia yang GILA pada masa hidupnya di dunia…dapat Masuk ke SurgA dan SURga bagi ORANg-ORang INdonesia…dibuatkAN oleh TUHAN…lain daripada yang Lain…

GUYON ALA JIL 3 : Tentang Makanan Para Nabi (Tidak cocok untuk pembicaraan seputar Air Seni)

Alkisah, pada zaman dahulu kala (zaman para nabi) udara masih segar, tidak seperti sekarang yang sumpek dan pollutif…  Udara yang segar, mampu menyebarkan aroma hingga jarak puluhan km. Kesadaran ini digunakan oleh para nabi untuk mensosialisasikan keberadaan dirinya yang sedang mengajak (berkhotbah) umat manusia menuju jalan kebenaran…

Nah…mengingat cellular phone pada masa itu belum dikenal, maka penyebaran informasi  tentang “jadwal atau waktu khotbah” para nabi, disosialisasikan – semata-mata – melalui udara…Masyarakat yang mencium atau mendeteksi aroma  mulut (bau mulut) para nabi, akan datang (atau malah menjauh), sehingga akan terkumpul satu komunitas akseptor atas khotbah si nabi.

Alhasil, dibutuhkan sarana awal atau materi beraroma kental, yang dapat menimbulkan aroma khas…Maka dipilihlah…Jengkol (archidendrom pauciflorum; http://id.wikipedia.org/wiki/Jengkol) dan Pete (parkia speciosa: http://id.wikipedia.org/wiki/Petai)…Dulu…aroma petai dan jengkol tidak seperti saat ini, aroma petai dan jengkol pada masa para Nabi, dikabarkan seperti aroma Surgawi, yang jauh lebih baik dari aroma apa pun di dunia…Tentu hal ini masuk akal, sebab siapa yang datang ke acara khotbah para nabi, mendengarkan dengan seksama, menerima pesan dan mengamininya, seakan-akan telah “mencium” aroma kebenaran dari surgawi…

Naasnya…karena rahasia ramuan ini diketahui oleh masyarakat banyak…setelah zaman para nabi berakhir,  masyarakat luas menanam jengkol dan pete secara besar-besaran…Sebagian manusia mengkonsumsi pete dan jengkol sebagai makanan dan mengambil manfaat secara normal, sebagian lain, mengkonsumsi, semata-mata untuk “menjadikan dirinya nabi-nabi baru”…

Hal ini membuat TUHAN YANG MAHA KUASA…geram SEJADI-JADINYA, apalagi  melihat perilaku PARA NABI BARU yang tentu bertentangan DENGAN MANUSKRIP dan KITAB SUCI yang SEMPAT IA TITAHKAN untuk dibawa oleh para nabi terdahulu…Maka…dengan KEKUASAAN YANG IA MILIKI…ia ubah bau petai dan jengkol yang harum…menjadi bau seperti saat ini…PESING, apalagi bila telah bercampur dengan AIr SENI… Dan memakan PETAI – JENGKOL menjadi MAKRUH, sebab dapat menyebabkan ORANG LAIN TERGANGGU dengan BAU-nya (dan pengkonsumsi mengaku-aku dirinya sebagai nabi)…

Tapi… dasar MANUSIA…hingga saat ini masih banyak orang yang mengkonsumsi PETAI dan JENGKOL…dan terbukti (silakan Anda cek SENDIRI…saya bantu doa…) para NABI PALSU pada masa ini ADALAH para INDIVIDU yang SUKA memakan PETAI atau JENGKOL…

Maka…HINDARI MENGKONSUMSI PETAI DAN JENGKOL secara BERLEBIHAN…atau ANda SIAP-SIAP menjadi Orang YANG MENGAKU MENJADI NABI….SElamaT MENIkmATI…………..(informasi tentang kemampuan indera penciuman manusia dalam mendeteksi bau dan memilah jenis bau, dapat ditemukan pada link ini  = http://nobelprize.org/nobel_prizes/medicine/laureates/2004/press.html )

Guyon Ala JIL 2 : Tentang RUU Pornography…(Oleh-oleh dari Senggigi..Lombok Barat)

Dua tahun lalu, atas kemurahan hati Lombok Post, 8dk berkesempatan melakukan silaturahim dengan rekan-rekan 8dk di Lombok…Beberapa hari sebelumnya…rekan-rekan tersebut, meminta agar saya membawa data-data tentang draft RUU Pornography…yang telah direvisi (Gila…bahkan sampai sekarang tidak selesai-selesai di DPR.. keren……………….)

Secara kebetulan, jaringan 8dk ada yang menghuni Senayan…dari sanalah 8dk mendapatkan draft…lumayan tebal…saat itu 8dk sangsi…apakah mungkin teman-teman mau membahas draft fotokopi tebal tersebut…..bukankah lebih baik kita ngobrol lain…sambil kangen-kangenan…(8dk sudah lama meninggalkan Lombok)

Singkat cerita…8dk sudah bertemu dengan kawan-kawan… di dekat Senggigi…tepatnya di sekitar Batu Layar…

Rekan-rekan yang hadir ada yang berprofesi sebagai dosen di UNRAM ; saat ini kabarnya sudah doktor…, pengusaha toko emas, pegawai dinas perdagangan propinsi NTB, serta 8dk…

Sejatinya…semangat bertukar pikiran mengemuka…hingga seakan-akan sarasehan ini dapat menelurkan pendapat atau opini…Tragisnya terjadi kecelakaan yang fatal…Teman-teman itu meminta 8dk membuka pembicaraan layaknya seseorang memberikan opening speech…Berikut ringkasan opening speech 8dk 

8dk .. Om – Om sekalian…sejatinya kita gak perlu mempermasalahkan tentang Pornography, maksiat dan lain-lain…

Salah seorang Rekan memotong : “Sebentar…maksud Loe apaan… 

8dk : Begini…kita analogikan kita hidup saat ini dalam rumah besar…maka di rumah itu 10 orang masih terasa lega…Nah bayangkan kalau rumah itu tiba-tiba diisi oleh 1000 orang…apakah rasa lega dan nyaman itu masih dapat kita rasakan!!!??? 

Salah seorang Rekan yang lain   : Gila…Lu!!! Apa hubungannya… 

8dk : Begini…sekarang…kita bayangkan….apabila…seluruh umat manusia…mulai dari zaman Nabi Adam hingga kiamat terjadi…semuanya masuk Surga…kira-kira…kita masih berasa nyaman dan lega gak di Surga??? Terus ada untungnya gak ngejar-ngejar SUrga??? Toh sama sumpeknya dengan dunia!!!??? 

HASIL AKHIR : Pembahasan ditiadakan…kami berempat akhirnya keliling Senggigi – Batu Layar – Batu Bolong dengan mobil sang dosen…di beberapa tempat sempat ngopi…hingga waktu adzan Shubuh dikumandangkan…. (Berdasarkan pengalaman tersebut 8dk dapat memaklumi apabila RUU Pornography, sering tertunda-tunda di DPR; selain itu 8dk optimist bahwa keberadaan RUU Pornography, seandainya sudah menjadi UU Anti Pornography akan seperti ini “datang tak menambah, pergi tak mengurangi” dalam khazanah hukum di INdonesia…Mari…kita buktikan!!!!!!…..(Cihuiiiii)